Forumnya Pramuka

Login

Lupa password?



Counter

Support by :
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 19 pada 27/1/2011, 19:52
Facebook Like
Statistik

You are not connected. Please login or register

SERAGAM PRAMUKA

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 SERAGAM PRAMUKA on 14/2/2010, 19:34

ghozy


Moderator
Moderator
Kalau baca artike ini, dan liat fotonya. yang mana yang Pramuka ya? ?


[img][/img]



Terakhir diubah oleh ghozy tanggal 15/2/2010, 18:15, total 1 kali diubah

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

2 Re: SERAGAM PRAMUKA on 15/2/2010, 10:22

Pernyataan A : tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah
Pernyataan B : pramuka itu selalu siap sedia melakukan kebaikan

scratch

pernyataan A & B benar, dihubungkan dg foto, maka....
kesimpulannya yg pramuka yg baju biruuuuu !

betul nggak jawaban saya?
geek

Lihat profil user

3 Re: SERAGAM PRAMUKA on 15/2/2010, 14:49

Saya sih setuju2 aja ada banyak organisasi kepanduan di Indonesia, paling tidak Pramuka sendiri akan lebih berkembang karena adanya 'pesaing.
Selama ini kita terlena dan merasa besar dengan anggota yang buanyak, tapi kurang dalam kualitas. Tapi menurut saya, seragam yg dipake oleh
Scout YPPI bukan seragam pramuka/pandu karena satu hal yg kelihatan tidak dipake yaitu scraf/setangan leher yang menjadi ciri khas Pramuka/Pandu
didunia.

Lihat profil user

4 Re: SERAGAM PRAMUKA on 15/2/2010, 15:15

ga apalah.. "pramuka" kita kan aga biasa ngalem sekarang jadi kalo ada yang gini2 bisa mbuat kita mikir n terbangun.. disini kan tempatnya orang muda berkarya bukan tempat orang tua cari nama, bukan juga anak manja yang selalu tergantung sama pemda dan negara, kalo bisa kita buat yang lebih heboh biar yang ngaku "pramuka" bisa lebih mikir n peduli.. Apakah " CITRA " kita emang sedang baik2 saja atau sebenarnya emang kita sudah dianggap ngga ada?? ini bukan lagi jamannya "bocah-bocah" pandu yang bangga karena mirip tentara, ato yang slalu diagung2kan karena punya pribadi yang mulia.. kita ini sekarang lagi sakit, tapi lucunya yang bisa berbuat banyak malah lebih seneng dengan " reitrorika " ... kalo mau kita jadi yang lebih baik mualilah dari diri kita n sekeliling... anggota pramuka semua adalah para agen "PENCITRAAN" apa yang kita buat termasuk sumbangsih kita untuk pramuka...

asyik kali ya kalo kita kembali jadi diri kita, jadi pribadi terpelajar yang menyenangkan ...

Yuk mulai menata diri lagi kawan... Scout Viva !!

Lihat profil user

5 Re: SERAGAM PRAMUKA on 15/2/2010, 17:00

ghozy


Moderator
Moderator
Kalau mau tahu yang lebih lengkap tentang "SCOUT YPPI"
linknya ada disini

http://scoutsekolahyppi.blogspot.com/2009/08/yppi-scout.html

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

6 Re: SERAGAM PRAMUKA on 15/2/2010, 17:10

ghozy wrote:Kalau mau tahu yang lebih lengkap tentang "SCOUT YPPI"
linknya ada disini

http://scoutsekolahyppi.blogspot.com/2009/08/yppi-scout.html

====
Otonomi telah menyebabkan kebebasan disegala hal, meski beberapa kebablasan mengaktualisasikan keinginan karena ada ketidakpuasan pada induk organisasi yang itu2 saja atau karena ingin membuat sesuatu yang baru dengan menghilangkan yang seharusnya dipertahankan... Scouting di Indonesia telah menjadi Pramuka, jika kemudian ada organisasi yang menyerupai dan berkiprah di wilayahnya, apakah itu diperbolehkan... hati2 yang lain pasti sudah bersiap untuk membentuk yang menyerupai dan lepas dari induknya Gerakan Pramuka yang kita banggakan... mestinya bagaimana, banyaklah yang harusnya tahu itu di forum ini.

Lihat profil user http://www.smkberdikarijbr.co.cc

7 Re: SERAGAM PRAMUKA on 15/2/2010, 22:24

YPPI Scout adalah organisasi kepanduan yang dilaksanakan di sekolah YPPI. Ide tentang YPPI Scout sendiri berawal dari keinginan siswa SMP YPPI 2 untuk beraktivitas lebih banyak dan ingin menjadi yang terbaik. Keinginan ini kemudian di fasilitasi oleh guru character building (CB) Bapak Stephanus Vincent.

Dari musyawarah bersama, akhirnya ide untuk membuat YPPI scout tercetuskan dengan tujuan utama YPPI Scout, yaitu:
Mendidik siswa YPPI untuk menjadi lebih creatif, mandiri dan bertanggung jawab
Menyiapkan masa depan yang lebih baik bagi siswa YPPI
Menguatkan image YPPI sebagai sekolah pendidikan karakter

Inilah kepanduan sejati yang berangkat dari keinginan kaum muda!

Lihat profil user

8 Re: SERAGAM PRAMUKA on 16/2/2010, 08:33

prio wrote:YPPI Scout adalah organisasi kepanduan yang dilaksanakan di sekolah YPPI. Ide tentang YPPI Scout sendiri berawal dari keinginan siswa SMP YPPI 2 untuk beraktivitas lebih banyak dan ingin menjadi yang terbaik. Keinginan ini kemudian di fasilitasi oleh guru character building (CB) Bapak Stephanus Vincent.

Dari musyawarah bersama, akhirnya ide untuk membuat YPPI scout tercetuskan dengan tujuan utama YPPI Scout, yaitu:
Mendidik siswa YPPI untuk menjadi lebih creatif, mandiri dan bertanggung jawab
Menyiapkan masa depan yang lebih baik bagi siswa YPPI
Menguatkan image YPPI sebagai sekolah pendidikan karakter

Inilah kepanduan sejati yang berangkat dari keinginan kaum muda!
===
affraid affraid affraid affraid
Scout di negara ini is Pramuka, seragam pramuka is coklat muda - coklat tua, lambangnya is tunas kelapa... lalu YPPI Scout itu ada di negara mana?

Lihat profil user http://www.smkberdikarijbr.co.cc

9 Re: SERAGAM PRAMUKA on 17/2/2010, 01:50

di amerika, seragam dire-desain setiap beberapa waktu, min. 20-25 th sekali
kalo di indonesia.... kpn kita terakhir mendesain seragam?

kalo bicara pakaian, mau tak mau memang menyangkut tren dan fashion.
memang ada pramuka yg tak peduli mode asal bisa dipakai
tapi kalau jadi malu berseragam pramuka,
atau malah berkegiatan tanpa seragam,
apa ga malah kehilangan esprit de corpsnya?

mau tak mau solusinya adalah peninjauan kembali seragam pramuka indonesia agar :
1. lebih nyaman dipakai berkegiatan di luar ruangan
2. lebih menarik dan menimbulkan rasa bangga memakainya
3. memperbaiki & memperbarui citra pramuka

asosiasi kepanduan amerika mau pakai jasa desainer terkenal utk itu.
WAGGS Canada mengadakan Uniform Challenge 2060 lkp dg Fashion badge (kira2 TKK fashion gitulah) bagi para anggotanya

Indonesia? Mudah2an lewat forum ini bisa mengawali sebuah perubahan.
small steps for bigger change lah


Yang kiri seragam lama BSA, yg kanan yg baru.
rencananya akan beredar pertengahan 2010.
ga wajib ganti seragam selama yg lama masih cukup.



yg lama tdk disukai celananya yg 'dork-like' Wink
saya juga suka yg baru
utk cewek seragamnya sama

Salam,
Lita

Lihat profil user

10 biru - biru on 17/2/2010, 13:31

alhamdulillah......

generasi muda memeng terlalu banyak ide.....

tidak ada salahnya kalau generasi tua ikut mendorong...selama masih dipandang tidak menyimpang.... Idea Idea Idea

Lihat profil user

11 Re: SERAGAM PRAMUKA on 7/3/2010, 19:05

ghozy


Moderator
Moderator
Nah ini dia ada lagi kreatifitas adik-adik Pramuka di Jawa Timur yang membuat alternatif seragam yang mereka gunakan



Saya sempat bertanya kepada mereka, bagaimana mereka membuat seragamnya. Ternyata adik-adik ini menabung dulu dan ketika tabungannya cukup mereka membuat seragam alternatif ini.

Hebatnya ketika saya bertanya kepada yunior di gugusdepan ini, ternyata Seragam kakak senior mereka ini menjadi salah satu motivasi untuk terus aktif di Pramuka. Karena menurut adik2 seragam kakak-kakak senior mereka ini lebih keren dari seragam yang mereka kenakan juga sebagai "seragam sekolah". Dan adik2 ini ingin juga tampil keren seperti kakaknya.

Kesimpulan saya "Seragam alternatif ini mampu menggantikan fungsi seragam yang telah "hilang" dari seragam pramuka yang konvensional"

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

12 Re: SERAGAM PRAMUKA on 27/10/2010, 08:15

ghozy


Moderator
Moderator
Ini ada posting yang saya copy dan Paste dari milist PADK (Purna Anggota Dewan Kerja), tulisan ini diposting oleh Kak Untung Widyanto.

Salam pramuka

Ketika menghadiri Sidang Paripurna DPR yang membahas persetujuan RUU Gerakan Pramuka, Selasa (26/10), Menegpora Andi Mallarangeng memakai baju batik lengan panjang (motif dasar warna coklat) dengan kacu merah putih di lehernya. Wakil Ketua DPR Priyo Budisantoso yg mimpin sidang berkata: "lho seragam pramuka baru ya."

Pakaian yang sama dipakai Kak Andi waktu menghadiri uji publik RUU GP di Pusdiklatnas Cibubur dua pekan sebelumnya. Beliau menjelaskan seragam pramuka beberapa negara lain jauh lebih modis. Dia memang pernah menghadiri Jambore Asia Pasifik 2009 di Philipina.

Ketua Kwarda Jawa Barat Dede Yusuf juga memakai baret pada suatu acara pramuka di Jawa Barat. Kabarnya Kwarda Jabar mengusulkan soal seragam ini ke Kwarnas (mungkin teman-teman Jabar bisa memperjelas). Presiden SBY juga sempat memakai baret waktu pembukaan Raimuna Nasional dan satu acara pramuka lainnya. Kabarnya beliau dua kali meminta Kwarnas memperbaharui atribut kepramukaan agar lebih menarik bagi anak-anak dan remaja. Kwarnas sendiri pernah membahas soal ini.

Yang saya tangkap dari Kak Andi, Kak Dede (Wagub Jabar dan seorang aktor) dan Pak Presiden, mereka ingin ada sesuatu yang baru dari Gerakan Pramuka. Dan hal itu harus TAMPAK TERLEBIH DULU pada tampilan fisik yakni seragam.

Nah, mumpung Gerakan Pramuka memiliki undang-undang baru, apakah seragam pramuka perlu diubah atau dimodifikasi? Atau tetap seperti saat ini ? Bagaimana pendapat kakak ?

Wassalam
- uwd -

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

13 Re: SERAGAM PRAMUKA on 7/11/2010, 09:09

Semoga masalah Seragam cepat di pecahkan.

iling jare wong jowo Ajining Rogo Soko Busono.

kalau seragamnya Bagus insyallah Minat ke Pramuka semakin besar.

Lihat profil user http://qply.laros.or.id

14 Re: SERAGAM PRAMUKA on 26/1/2011, 20:26

Adoohh,,kakak..kakak.. . . .

kakak2 tidak melihat temen-temen kita yang ada di daerah daerah,,

jangankan berpikir tentang seragam bagus dan modif.
pramuka apa sebenarnya tujuannya saja,mereka tidak tau.

sebenarnya yang perlu ditingkatkan adalah bukan mengenai seberapa bagus seragam itu tapi seberapa bagus kualitas para pembina dan pelatih,
lha disini peran kwartir baik ranting,cabang ,maupun daerah perlu lebih ditingkatkan,

memang seragam merupakan salah satu daya tarik orang awam untuk bergabung bersama pramuka,,tapi semakin modern seragamnya kenapa banyak gugus depan di daerah-daerah yang non akitf,
pertanyaan besar??dan harus segera diselesaikan

dan implementasi kepramukaan sebenarnya yang telah ditanamkan dari pendahulu - pendahulu kita dulu yang perlu leibih ditingkatkan,
mungkin yang perlu "dijual" adalah implementasi kepramukaan sendiri yang harus dijual bukan seberapa modifnya seragam,,,

hahaha,,semoga menjadi bahan pemikiran dimasa mendatang,,, Rolling Eyes cyclops

Lihat profil user

15 Re: SERAGAM PRAMUKA on 27/1/2011, 03:54

ghozy


Moderator
Moderator
Salam kak muzahhir, lhoo tentu kita melihat yang di daerah dong . . . . banyak yang adik2 mengeluh dimarahi dan disalah2kan karena ingin memodif seragamnya he he he

setuju pembina dan pelatih ditingkatkan kualitasnya, tapi ini hal yang berbeda dan perlu dibahas, cuman topiknya tidak disini he he he OOT (out of topik)

menurut kakak { memang seragam merupakan salah satu daya tarik orang awam untuk bergabung bersama pramuka,,tapi semakin modern seragamnya kenapa banyak gugus depan di daerah-daerah yang non akitf,
pertanyaan besar??dan harus segera diselesaikan
}

Sudah di cek kah, apakah Gugusdepan2 itu non aktif karena mereka mengganti seragamnya? Setahu saya gugusdepan yang berani memodifikasi seragamnya justru yang gugusdepan aktif. CMIIW

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

16 Re: SERAGAM PRAMUKA on 31/1/2011, 21:48

Eh... seragam larinya kesini

kalau saya kok begini,
1. Seragam perlu di buatkan Surat Keputusan ( namanya saja SERAGAM )
2. Kalau bisa "seragam" merupakan Alat Pendidikan ( jadi tidak hanya sekedar modis )
3. Kalau ingin seragam khusus ( identitas ) sebaiknya tidak dipakai pada forum resmi kegiatan yang melibatkan gudep,kwarran,kwarcab lain (biasanya ingin disebut lain dari yang lain )
4. Selama belum ada SK yang baru sebaiknya kita ikuti SK yang lama ( katanya Pramuka itu Patuh dan suka bermusyawarah )
5. Sangat naif jika kita ingin ada anggota baru atau ada anggota lama keluar dari Pramuka hanya karena Pakaian Seragam.
6. Lebih celaka lagi kalau ada anggota Pramuka merasa Minder kalau Seragamnya tidak Modis (menurut ukuran siapa ? )
7. Sepengatahuan saya jika ada kegiatan nasional seragam yang muncul dari kontingen paling hanya sedikit perbedaan warna tapi tidak lepas dari SK
8. Mudah mudahan kita tidak terjebak dengan ide ide yang notabene muncul dari Anggota Pramuka yang sebenarnya ingin pramuka jauh dari tujuan Pendidikan Gerakan Pramuka
semoga...

Lihat profil user http://www.smp2sampang.wordpress.com

17 Re: SERAGAM PRAMUKA on 1/2/2011, 01:29

Lha Ini kak Baru setuju klo pendapatnya seperti ini harus di perjuangkan ne,,

Lihat profil user

18 Re: SERAGAM PRAMUKA on 9/2/2011, 11:53

Usul kak,

sebaiknya seragam pramuka itu bukan hanya merupakan ketentuan dari "pemerintah" yang berkaitan dengan pramuka saja, namun harus sesuai dengan aspirasi/inspirasi anak muda sebagaimana yang dijelaskan dalam SCOUTING FOR BOYS.

Basketball

Lihat profil user http://pramukaspenivd4.wordpress.com

19 Re: SERAGAM PRAMUKA on 31/5/2011, 06:37


potret sebagian adik2 di gudep kami.. semangat tinggi sangat bangga mengenakan seragam coklat walaupun belum lengkap..(maklum anak pelosok berat di ongkos) dengan seragam seperti itu pun mereka sudah bisa tersenyum lebar.. bahagia dan semangat dalam kepramukaan


sebenarnya ide awal dari penggantian seragam tu apa? hasil saya browsing kiri kanan.. kebanyakan karena minat anak muda untuk terjun ke pramuka berkurang..
aneh ... minat yang berkurang kok seragam yang disalahkan???
apa kita sudah intropeksi diri? saya yakin ada banyak hal yg perlu diperbaiki untuk menjaring generasi muda ke pramuka selain MENGGANTI SERAGAM, kuatirnya klo ide pergantian seragam terwujud malah banyak muncul PANDU JADI JADIAN.. yang hanya muncul jika ada acara saja.. tapi tidak mau memikirkan perkembangan kepramukaan.. YANG PENTING KEREN THOK!!!
Kepolisian itu seragam e ya begitu begitu saja.. tetapi ketika ada pendaftaran kepolisian peminatnya sangat banyak bahkan ada yg sampai berani menghalalkan segala cara hanya untuk bisa menjadi polisi.. berarti kan ada suatu alasan yang kuat mengapa orang awam memilih masuk ke kepolisian.. bukan hanya sekedar gaya2 an memakai seragam polisi..

ceck link ini
http://pramuka-online-netima.blogspot.com/2010/05/makna-seragam-pramuka.html

Lihat profil user

20 Re: SERAGAM PRAMUKA on 11/6/2011, 11:53

Kalau menurut saya seragam Pramuka kita sudah keren koq. Cuma perlu disesuaikan fungsinya. Misalnya scarf (setangan leher) sebenarnya bukan hanya hiasan atau lambang saja. Fungsi scarf itu untuk menyerap keringat bila kita berada di tempat yang panas, sehingga lebih nyaman. Dan jika dingin fungsinya untuk menahan dingin. Mengingat Pramuka lebih sering kegiatannya di luar ruangan. Scarf juga bisa digunakan sebagai identitas satuan selain tanda satuan. Bukan bermaksud latah, coba tengok scout yang di luar negeri telah memfungsikan scarf dengan benar. Sedang kita scarf hanya berfungsi sebagai lambang atau hiasan saja.

Seragam merupakan kebanggaan bagi pemakainya, seragam polisi juga menjadi lebih keren setelah dirubah (dulu seragam polisi tidak seperti sekarang ini). Demikian juga seragam tentara. Boy Scout Of Amerika (BSA) juga melakukan perubahan pada seragam mereka, tentu saja menjadi lebih baik. Saya kira tidak ada salahnya koq kita sedikit menyesuaikan seragam Pramuka kita.

Lihat profil user http://pramukaxp2.wordpress.com

21 Re: SERAGAM PRAMUKA on 24/8/2011, 16:04

Salam Pramuka....!!!!!

Ngomong2 soal seragam.. saya mau ganti sergam karena seragam yang lama saya sudah layak untuk di ganti Laughing Arrow

Saya cari2 info, katanya ada sergam baru yang di kluarkan oleh KWARDA bagi anggota PRAMUKA....

Apakah itu benar... ???? Question

Lihat profil user http://tunaskelapa-pramuka.blogspot.com

22 Re: SERAGAM PRAMUKA on 8/9/2011, 12:02

ghozy


Moderator
Moderator
Hi hi hi, asik, makin banyak yang berpendapat juga disini he he he.

Kwarda mengeluarkan seragam? wah setahu saya tidak tuh, biasanya seragam beli sendiri-sendiri. atau beli kain terus dijahitkan di tukang jahit.

Saya setuju Kak Imoet tuh, seragam perlu di SK kan oleh kwarnas (sudah kan). dan yang lebih penting adalah melaksanakannya sesuai ketentuan dan norma Pramuka, yang mengedepankan kepentingan adik-adik, kesenangan dan kreatifitas mereka.

Selama ini kwarnas dibantu pemerintah sudah melakukan pembiaran dan pelanggaran secara terstruktur secara nasional tentang seragam. Yaitu dengan digunakannya Seragam Pramuka sebagai Seragam Sekolah. Untuk mendukung pelanggaran pelanggaran salah satu "Prinsip Pramuka" yaitu kesukarelaan.

Akibatnya masyarakat beropini menyamakan Pramuka dengan Anak Sekolah. Dan rusaklah fungsi seragam yang harus jadi kebanggaan, karena disamakan dengan anak sekolah.

Pengalaman Pribadi waktu mau ada kegiatan di luar Provinsi, Maunya mengangkat citra Pramuka dengan berseragam lengkap dengan semua atribut, pergi ke Bandara Juanda mau naik Pesawat, maksudnya biar orang tahu kalau pramuka itu juga bisa naik kegiatan pesawat segala, bukan cuman di sekolah, berkemah naik truk dll he he he. Bersama beberapa rekan kita berusaha bangga dengan seragam kita. Tiba-tiba ada ayang menyapa "Sekolah dimana Dik?",

Glodak, luluh sudah kebanggaan kita (walaupun di luar masih berusaha terlihat gagah). Sambil tersenyum (sambil nangis dalam hati) oh iya, maaf Pak saya sudah tidak sekolah sudah selesai kuliah, sekarang sudah kerja. Dan seterusnya berusaha memberi penjelasan bahwa "Pramuka" tidak sama dengan "Siswa Sekolah".

Sampai terbawa mimpi pula kejadian itu Embarassed yang membuat saya berpikir keras, Bagaimana caranya agar masyarakat tidak lagi menyamakan "Pramuka" = "Siswa Sekolah".

Yuk barangkali ada yang mau memberi ide baru Smile

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

23 Re: SERAGAM PRAMUKA on 21/10/2011, 11:38

kak saya mau tanya!
mengapa seraga pramuka itu kok coklatnya tidak sama warnanya, ada yng bajunya coklat muda kekuningan ada yang terang ada yang gelap dsb.?

Lihat profil user http://a-shohibi.blogspot.com/

24 Re: SERAGAM PRAMUKA on 29/10/2011, 19:44

shohibi wrote: kak saya mau tanya!
mengapa seraga pramuka itu kok coklatnya tidak sama warnanya, ada yng bajunya coklat muda kekuningan ada yang terang ada yang gelap dsb.?


Dalam Surat Keputusan Kwarnas Nomor: 226 Tahun 2007 dicantumkan tentang warna pakaian pramuka hanya tertulis Coklat Muda dan Coklat Tua sedang di Wikipedia yang ada hanya COKLAT dengan kepastian warna
— Color coordinates —
Triplet RGB #964B00
B (r, g, b) (150, 75, 0)
HSV (h, s, v) (30°, 100%, 59%)
oleh karena untuk membuat coklat menjadi TUA atau MUDA inilah banyak penafsiran, celakanya contoh warna yang PASTI tidak ada di PP Kwarnas tersebut. Ada edaran berupa Gambar contoh seragam pramuka lengkap mulai Siaga Sampai Pembina tapi sepertinya Tujuan gambar tersebut untuk menunjukkan letak Atribut Tanda Jabatan,Lokasi,Golongan,Penghargaan,Pelantikan dll tentang warna pakaian yang standar belum pernah ada ( mungkin saya tidak tahu ).
Jadi kembali pada pertanyaan Kak Sohibi tentang warna pakaian yang penting tidak menyimpang dari istilah Coklat Tua dan Coklat Muda ( mungkin Coklat Terang dan Coklat gelap ) prosentasi Tua dan Muda spertinya tidak bisa sama
tapi yang penting adalah kiasan dari warna pakaian itu “Warna Pakaian Seragam Pramuka adalah warna coklat muda
dan coklat tua. Warna tersebut dipilih dari salah satu warna yang banyak
dipakai oleh para pejuang kita di masa perang kemerdekaan (1945-1949)
antara lain warna coklat, hijau, dan wulung. Dari ketiga warna tersebut
dipilih warna yang dapat diserasikan dengan warna bendera kebangsaan
Merah Putih, yang dipakai untuk setangan leher dan pita leher pramuka.”
Jelaslah, bahwa warna cokelat lekat nian dengan
perjuangan Indonesia dalam Perang Kemerdekaan ’45, serta warna inilah
yang cocok dipadukan dengan setangan atau pita leher merah putih, warna
bendera negara kita.
( kalau didaerah saya yang menentukan warnanya adalah penjual kain, kalau beli kain seragam pramuka maka langsung diambilkan

Lihat profil user http://www.smp2sampang.wordpress.com

25 Re: SERAGAM PRAMUKA Today at 17:12

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik