Forumnya Pramuka

Login

Lupa password?



Counter

Support by :
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 19 pada 27/1/2011, 19:52
Facebook Like
Statistik

You are not connected. Please login or register

BAMBANG PRAMUKA (MBING) Special Forum

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

ghozy


Moderator
Moderator
Rekan-rekan, berawal dari ide teman-teman untuk membuat "musium" tentang Mas Mbing. Sya mencoba untuk menyiapkan ruang disini untuk rekan2 berbagi memory, barangkali menyimpan juga beberapa karya Mas Mbing, atau bahkan sekedar "joke" atau guyonannya.

Boleh juga kisah-kish lucunya, yuk kita buat musium Online buat beliau disini.

Saya tunggu partisipasi rekan2 disini.

Salam

ghozy

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/
Saya merasa terpukul atas kabar yang saya dapat di pagi hari tepat pukul 05.00 hari selasa itu saya tak habis2nya untuk bertanya atas kabar yang menduka, saya pribadi ikut bela sungkawa atas meninggalnya Pahlawan REVITALISASI Gerakan Pramuka Jawa Timur tersebut belum puas rasanya menimba ilmu dari sang Pahlawan ternyata sang pahlawan telah terlebih dahulu menghadap sang illahi ( Kuucapkan Salamat Jalan Pahlawan semoga engkau bahagia disisihnya, ilmumu, pengabdian dan ajaranmu kan kukenang selalu di hatiku sampai di akhir masaku ) Slamat jalan Pahlawan REVITALISASI Gerakan Pramuka Jawa Timur jasamu kan tertulis dengan tinta Emas di hati masing-masing pendukungmu, kan ku perjuangkan tujuanmu mengubah Pramuka yang lebih baik di Indonesia ini.

salam hormatku,
PRABU WISNUAGUNG

Lihat profil user
Saya setuju jika dibuatkan museum bagi Pahlawan REVITALISASI Gerakan Pramuka Jatim ( Kak Mbing ) bukan di dunia maya tapi di dunia nyata.

Lihat profil user
Saya punya kesan yang sangat mendalam dengan Kak Bambang Pramuka Putra (Kak Mbing). Ketika baru mengenal beliau pertama kali, kesan saya orangnya serem dan tidak ramah sama sekali. Tapi setelah berinteraksi dengan beliau beberapa saat saja kesan itu berubah 180 derajat. Beliau ternyata orang yang ramah, hanya saja kurang terlihat senyumnya (atau mungkin saya yang tidak dapat memahami senyumnya Kak Mbing).

Walau pertemuan saya dengan Kak Mbing relatif singkat, untuk diketahui saya bertemu Kak Mbing sebanyak tiga kali. Pertama pada saat lokakarya gudep model di Mahanaim tahun 2009 lalu. Kedua ketika beliau berkunjung ke Gudep Prabaswara (Gudep tempat saya mangkal) akhir Maret 2010, dan terakhir saat lokakarya gudep model kedua di Buper YPPI Trawas beberapa waktu lalu. Namun dengan pertemuan yang singkat tersebut saya punya kesan yang sangat baik tentang Kak Mbing. Kak Mbing ternyata tidak suka merokok walau tampangnya seperti perokok berat. Bahkan beliau juga tidak suka jika ada orang merokok di dekatnya.

Masih banyak sebenarnya kesan saya pada Kak Mbing. Namun tak cukup kata untuk mengungkapkannya. Saya hanya bisa menyampaikan, "Selamat jalan Kak Mbing, pahlawan pembaharuan Pramuka Jatim. Semoga Kakak mendapatkan kebahagiaan di sana." Amin.

Lihat profil user http://pramukaxp2.wordpress.com
Beliau adalah kakak, sahabat, guru n stereotip yang sangat berpengaruh dalam kehidupanku. Sejak mengenalnya di kepengurusan DKD Jatim 1987-1991 banyak hal positif yang kudapat dari Mas Mbing. Pribadinya yang ramah, pintar, cerdas, pemikirannya yang brillian, humoris sangatlah menyenangkan bagi siapa pun yang berada di dekatnya. Narsis, misuh pincak pincuk, suka kuliner, main bola n travelling adalah beberapa kegemarannya,.. namun secara umum Mas Mbing adalah sosok yang "Asyik" banget.
Kini semua tinggal lah kenangan. Rasanya baru kemarin bercanda bersama,.. Smoga diampuni dosa-dosanya dan diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya.
Selamat jalan Mas Mbing, doa kami menyertaimu,..

Lihat profil user http://www.mtb-unlimited,2ya.com
Lha, ya itu yg paling penting, peta makanan enak di seantero dunia yg dikuasai mas Mbing perlu kita kumpulkan satu per satu agar tetap bisa makan enak setelah kepergiannya geek

jadi inget waktu nyari makan sepulang raida tulung agung dengan arif, ga nemu2 sampe aku keluwen, pas aku usul mampir sembarang warung, mas mBing ga mau.

katanya, "Masak awak dewe kudu melacurkan diri serendah itu..."

ampuuun lol!

Lihat profil user

ghozy


Moderator
Moderator
TULISAN INI saya copy n paste dari sini : http://nuha85.wordpress.com/2010/05/06/selamat-jalan-mas-mbing/


Selamat Jalan, Mas Mbing… May 6, 2010
Posted by haSna- ^_^ in Kisah.
trackback

Selasa pagi (4/5/2010), aku terbangunkan oleh sebuah telpon dari rekan pembina putri pramuka ITS. Sepagi ini, apa mau mbangunin sholat malam? pikirku seketika. Setelah aku angkat ybs tanya apa aku sedang di Surabaya. “Iya” jawabku. Lantas dia minta tolong aku untuk nganter. Weits, dari kemaren kok banyak bener orang yang minta tolong aku nganter kesana kemari. “Hasna, wes jangkep durung?”, “Heh, iya mbak.” Pas aku liat ternyata udah jam setengah enam, bukan lantaran sudah pagi yang bikin aku tersentak tapi berita dari seberang yang mengabarkan kalau Ms Mbing, begitu panggilan akrabnya, meninggal. Aku masih tertegun, tak percaya, hanya sedikit penjelasan yang bisa aku tangkap itupun segera diakhiri dengan kesepakatan berangkat bareng ke rumah duka jam setengah tujuh.

Aku sedih, kaget tapi seperti biasa aku seakan sudah kehabisan air mata. Tertampung semua kesedihan di dada, tak bisa nangis cuma bisa berekspresi dengan kata-kataku “Ya Allah….” Baru minggu kemaren aku bertemu beliau, dengan ‘gemes’ aku nagih proposal yang dijanjikan sejak beberapa bulan lalu karena 2 perusahaan riset yangsering mengajakku minta dioutbound, beliau cuma membalas dengan senyuman.

Lantas 2 sms datang “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Tlh berpulang ke rahmatullah, K’ Bambang Pramuka, mlm td dlm pesawat menuju Maldives. Smg arwah beliau diterima di sisi-Nya.”, sms dari rekan yang nelpon aku tadi, Mbak Lita, dikirim 04:06 tapi baru nyampe HPku pukul 05:30. Sms kedua seolah sudah tak bisa berkata apapun “Ndar, Has… Mas Mbing meninggal” dari Mbak Rahma, rekan seperjuangan di outbound yang kini jadi dosen di Solo. Yang disebut “Ndar” ini juga rekan seperjuangan outbound, juga sahabatku sejak SMA, yang kini kerja di Jakarta. Aku nelpon rekan seperjuangan lagi yang jadi PNS di Jakarta tapi tak diangkat. Tak berapa lama kemudian akhirnya dia nelpon ulang. Hah, ini dia temanku yang menurutku paling banyak mewarisi sifat dan ilmu dari Mas Mbing dalam hal mengoutbound dan nggaplekinya. Kami sama-sama mengungkap kesedihan, tak menduga, kepasrahan, akhire aku bisa nangis, lega, aku puasin dan janji nanti pas di rumah duka gak usah nangis lagi.

Padahal baru semalam aku dapat ide untuk nulis tentang “meskipun tak punya orang tua kandung, tapi kasih sayang dari orang tua tetap aku dapatkan…” Beliaulah salah satu inspirasinya, dan akupun sudah mengumpulkan beberapa foto outbound dengan beliau dalam flashdisc, ukurannya sudah aku perkecil, tinggal upload. Nah lah kok… akhirnya foto itu ku upload juga tapi dengan cerita yang berbeda. Sebelum menuju rumah duka, aku sempatkan buka facebook (FB) beliau, deretan ungkapan duka, juga FB teman-teman seperjuangan yang juga mengungkapkan perasaan yang sama. Kehilangan Besar, itu jadi kata kunci kami.

Mas Mbing ini, guruku meski tak pernah mengajariku di dalam kelas, tak pernah mengajariku secara langsung, aku hanya mengamati beliau ketika di lapangan dan mengambil banyak pelajaran. Trainer outbound pertama dan terbaikku, sampai saat ini belum menemukan tandingannya. Tiap aku outbound, provider yang pertama aku ingat adalah Talenta Indonesia milik beliau. Kalau ngomong outbound, orang yang pertama aku ingat adalah Mas Mbing ini. Yang aku jadikan rujukan dalam menyusun rangkaian acara outbound adalah konsep yang aku pelajari dari beliau, ketika menikmati outboundnya, mengamati beliau dan timnya di lapangan, mempelajari proposal dan laporan outboundnya. “Bener Has, dia jg bos terbaikq. Pasti masing2 temanx pnya kesan mdalam thdpny. Moga kepergiannya smakin mdekatkn qt kpdNya.”, sms dari mbak Rahma ini yang membuatku bisa meredakan duka.

Sesampainya di rumah duka. Ada istrinya dengan wajah sembabnya. Matanya yang berkaca-kaca sesekali meneteskan air mata, dengan tenang. Anak semata wayangnya, yang berusia, hm… mungkin 6 tahun (cz pertama kali aku ke rumahnya saat akan berangkat outbound tahun 2005 silam, anaknya masih bayi) sedang diungsikan ke rumah saudaranya. Susah juga menjelaskan ini kepada anak kecil apalagi jenazah belum datang. Ibunya pun masih belum menemukan cara yang tepat untuk menjelaskan. Sudah mereda suasana di sini, atau reda sementara karena memang jenazah belum datang. Beberapa rekan outbound ada disini, juga berkumpullah istri-istri rekan yang berangkat outbound dengan beliau. Mas Mbing ini meninggal di pesawat karena stroke, baru disadari kalau beliau meninggal saat pesawat sudah di bandara, pada selasa dini hari kurang lebih pukul 2. Beliau berangkat bersama 3 orang rekannya yang hendak mengadakan outbound di Maldives, cliennya adalah Hotel Shang rila. Kagum, ngoutbound sampai sejauh ini, keren! Outbound ini akan diadakah dalam 20 hari ke depan. Providernya bukan Talenta tapi Dilibas, yah… Talenta dan Dilibas ini bisa diumpamakan ‘keluarga’, trainer outboundnya Talenta ya sebagian besar orang Dilibas, trainernya Dilibas juga termasuk yang punya Talenta ini. Akhirnya yang disana bagi tugas, sebagian tetep ngoutbound dan yang seorang ngurus pemulangan jenazah. Kabar pertama jenazah akan dipulangkan Rabu 5/5/2010 pukul 10 tapi batal. Lalu ada kabar dipulangkan Kamis malam atau jumat paginya dan kabar terakhir mengatakan jenazah akan dipulangkan dengan Cathay Pasific tiba di Surabaya Sabtu 8/5/2010 pukul 19.35 WIB.

“Orang luar biasa, meninggalnya pun dalam keadaan luar biasa. Semasa hidupnya beliau sering kesana kemari keliling dunia, meninggalnya pun saat beliau melakukan perjalanan tugas.” Itu serangkaian kalimat yang diungkapkan rekannya. Kalimat lain yang tak kuduga tapi cukup membuatku terperanga lantas tersenyum geli karena yang ngomongpun berujar dengan tersenyum, “Mas Mbing ini dulu sering ngerjain orang, sekarang pun meninggal juga masih saja ngerjain orang, ngerjain temen-temennya yang mau outbound ini.” Menindaklanjuti ungkapan ini aku terpancing untuk berimajinasi dan mengungkapkan “Kalau inget film-film ya mbak, mungkin ni arwahnya lagi bersedekap tangan lalu dengan bangganya menertawakan temannya yang sibuk ngurus jenazahnya sambil bilang “Kapok, kon…!”, hehehe…” Hah, suasana jadi gak duka lagi ini. Kalau inget beliau ini rasanya gak pernah sedih, cerita tentang beliaupun tak pernah sepi dari tawa yang diikuti semangat untuk berubah jadi lebih baik.

Beranjak dari rumah dukapun, ketika sampai di sekretariat/sanggar pramuka ITS, cerita tentang beliau tak bisa langsung reda. Semua masih tertegun dan terus ingin bercerita. Berikut ungkapan dari beberapa rekan yang terekam di ingatanku dan aku setuju. Sayang sekali, belum ada kader yang mewarisi ilmu dan semangat beliau secara keseluruhan, ilmunya masih tersebar di beberapa orang. Beliau ini terkenal makannya “luar biasa”. Aku jadi inget waktu pertama outbound, pulangnya mampir warung, makannya gule kambing, sate, kerang dan jenis-jenis lainnya yang bikin aku geleng-geleng liat pola makan bosku yang satu ini. “Apa gak takut penyakitan?”, batinku waktu itu. Tapi kita patut mengambil pelajaran dari kejadian ini. Jaga pola makan dan rajin olah raga. Hidup sehat, itu kuncinya. Dan banyak lagi cerita tentang beliau, sebagai “guru” dan Talenta Indonesia yang jadi sekolah outboundku yang pertama dan paling berkesan.

Ya Allah, sehebat apapun beliau di mata kami, sebagai manusia biasa tentu tak luput dari kesalahan dan kelalalaian. Semoga Engkau mengampuni dosanya dan menerima amal perbuatannya. Berikan kekuatan pada keluarga yang ditinggalkan juga pada generasi penerusnya untuk bisa melanjutkan perjuangannya, outbound dan pramuka yang “lebih keren”

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

ghozy


Moderator
Moderator
GANTUNGAN KUNCI from Mas MBING



ini disimpan Mbak Nunung : berikut komentar beliau dan komentar teman teman lain :

ini gift dari Mbing waktu dia ikut program pertukaran pemuda ke Amrik thn 86-87 an .....gantungan kunci ini aku pake utk kmrku & gak pernah aku lepas...meski aku pindah-2 kamar
In this photo: Tipuk Satiotomo (photos), Arif Eko Wahyudi (photos), Ai Maria, Anik Andayani (photos), Arief S Wahyutomo (photos), Indah Kurniati, Zainudin Ghozali (photos | remove tag), Arifien Sutrisno, Kimas To Piek (photos), Rudy Jusdian (photos)
From the album:
Wall Photos by Noor Sylvani Tuh Nunung
Added yesterday · Comment · LikeUnlike
2 people like this.
Diah Unity
Diah Unity
Wah...salut ma Mba Nunk....!!!
12 hours ago · Report
Dini Andeliza Bambang
Dini Andeliza Bambang
duh...masih kamu simpen ya Nung..meninggalnya di mana Nung? kl di luar kota aku mau sholat gaib deh utk dia.
12 hours ago · Report
Noor Sylvani Tuh Nunung
Noor Sylvani Tuh Nunung
@Kak Yun : itulah artinya Mbing buat aku ....dia adikku, sahabat & sodaraku
@DN : msh sampe skr Din..utk kunci kamar kostku, meninggalnya udah senin malam yll diatas pesawat menuju mildaves...akan menghadiri acara pramuka gt....jenazah baru tiba di Sby sabtu tgl 8 mei malam, makasih doanya utk sahabatku ya Din
11 hours ago · Report
Diah Unity
Diah Unity
Mba ada rencana ke Sby...??? Temen" laen juga...???
11 hours ago · Report
Noor Sylvani Tuh Nunung
Noor Sylvani Tuh Nunung
aku maaaf banget gak bs kak Yun....ada acara di Jkt,klo tmen yg lain blm tau rencananya, doa ku selalu utk Mbing.....
11 hours ago · Report
Kimas To Piek
Kimas To Piek
simpen kenang2an dari mBing, kalo perlu dipasang seperti lukisan, awas... kalo ilang ntii mBing tanya "Mana kenangan dari aku... kalo ilang ayo ikut aku!"
11 hours ago · Report
Noor Sylvani Tuh Nunung
Noor Sylvani Tuh Nunung
pasti aku simpen trs sudah terbukti kan lebih dari 20 thn aku msh pake .....apalagi setlh Mbing gak ada....pastinya tak kan terganti
11 hours ago · Report
Dini Andeliza Bambang
Dini Andeliza Bambang
iya nung...kl di luar kota siang ini aku akan sholat gaib utk dia. Cuma doa yg bisa aku panjatkan buat senior kita di pramuka. Semoga tenang di pankuanNya...@ kimas jangan gitu dong..aku masih pengen terus bersama Nung kl bisa sp tueeeek bgt....amin..

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/
Mbing.... flower
Lihatlah saudara-saudaramu semua berujar tentang dirimu...
Semua tetap menguntai kata-kata seakan kamu ada diantara kami...
Tidak ada yang meratap seperti anak kecil kehilangan mainnya...
Yang ditulis tetap segar, tegar, bahkan masih menggelegar...
Tapi, tahukah kamu dilubuk hati paling dalam, kami ... berduka...
sangat berduka... melebihi duka gadis cilik kehilangan boneka...

Ya, Allah maafkan kami tetap berceloteh seperti kala teman kami masih belum Kau panggil...
Ya, Allah ampunilah saudara kami mBing untuk semua dosa yang pernah diperbuatnya...
Ya, Allah terang dan lebarkanlah jalannya menghadap ke haribaanMu...
Ya, Allah utuslah para malaikatMu menyambutnya dengan penghormatan sebagai PRAMUKA SEJATI...
GREATFULLY SALUTE FOR BAMBANG PRAMUKA PUTRA, THE REAL BOY SCOUT

mBing...
Lihatlah saudara-saudaramu yang sedang mempersiapkan diri menyambut jazadmu
Aku pastikan ratusan orang, rekan, teman, saudara yang akan mengantarmu ke peristirahatan terakhirmu (sori mBing aku ga' iso melok ngeterno, sepurane sing dowo yo mBing... aku wis omong dulure dhewe sing paling duwur nek aku ga' iso melok nggotong jazadmu... Ya, Allah kebiasaanku mengantar jenazah kali ini tidak bisa aku lakukan untuk saudaraku...)
mBing...
Dulur-dulurmu sing wis antri tinggal menunggu giliran panggilan Allah swt... tunggu kami disana... guyonanmu ga' katene iso dilalekno... selamat jalan dulur.

mBing, pribadi yang supel nggak sumpel, jika tidak ada kerjaan dicarinya bangku/meja/kursi yang bisa dipakai untuk mencari inspirasi (AKA tidur sejenak dua jenak), tiba-tiba bangun langsung mengerjakan ide-ide yang mungkin ketemu waktu tidur... maka jangan dianggap dia itu sombong karena diamnya... di saat diam itulah otaknya bekerja berfikir apa yang harusnya dilakukan... jika ke warung/resto/kedai ditujunya dulu makanan yang bisa disantap sebelum menu utama tersajikan... meski begitu (waktu itu) badan kecilnya ga' juga berkembang... karya-karya (yg banyak kutahu logo kegiatan) dibuatnya dengan gambar sederhana namun manis dilihat dan mudah dikenang (bandingan logo Raimuna Nas Karangkates atau PW Nas Lebak Harjo ciri Jawa Timur ada disana) tapi logo besutan mBing sudah digitalis, meski digambar pake tangan....
Ah, masih banyak betulnya yang tersimpan di memoriku tentang mBing... lain kali lagi ya. I love you I love you I love you

Lihat profil user http://www.smkberdikarijbr.co.cc

ghozy


Moderator
Moderator

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/
Ever Lasting Moment..! My Dear Brother and Best Friend Mbing..

==========================

Episode Sebelumnya...

CHAPTER 1

Sbt 1Mei pk.04.45 pagi
Scene mo berangkat ke Trawas.
Waktu dia nanya meeting point, kujawab sms:
...oke mas stby kuburan...

Sbt 1Mei pk.09.15 malam
Scene barbecue kambing guling 'semok' dilengkapi gulai kambing dan sate kambing plus aksesoris sate ayam dan oleh2 greensands yang dibawa Mr.Simon Park orang korea.
Waktu mo menyantap gulai dia nanya (utk jaga2) aku bawa obat apa gak, kujawab:
..oke mas ada...

Waktu mau menyantap kambing bakar dan dia nanya lagi (utk meyakinkan dirinya) bawa penawar racun yang biasa kubawa, kujawab:
..oke mas tenang aja...

Waktu mau bobok setelah menikmati semua menu halal yang ada dan dia nanya lagi (utk persiapan) ada obatnya, kujawab:
..oke mas kita cari air panas di kantor...

Mgg 2Mei pk.04.45 pagi
Scene habis mandi & sholat dalam kamar yang bertipe hall.
Waktu itu ada instruktur yang tilawah hapalin surat dan dia komen:
..nah enak mas isuk2 ngrungokno wong ng-aji dudu suarane wong ng-gr-aji (sambil nunjuk teman instruktur lain)...
Selanjutnya beliau memandu energizer pk.05.30 dst. dan peserta training benar2 dibuat riang gembira.

Mgg 2Mei pk.09.15 pagi
Scene ditengah2 sesi pelatihan pamitan mo pulang duluan.
Waktu itu diluar kelas, dia bilang:
..mas tenkyu ya atas bantuannya, closing-nya pasti mantab mas...

Sls 4Mei pk.04.45 pagi
Scene liat hape yang berkedip2 terus.
Kubaca isi sms-nya langsung terbayang sosok pria baik berkacamata menyenangkan nan jenaka telah stby bersiap menuju kuburan.

==========================

Episode selanjutnya...

CHAPTER 2

Sbt 8Mei pk.09.15 malam
Scene menanti kepulangan.
..oke mas selamat datang kembali, setelah lama menikmati perjalanan sendirian...

Mgg 9Mei pk.04.45 pagi
Scene pembacaan doa.
..saat doa dan ayat-ayat suci dikumandangkan menggema diantara suara 'gergaji' sahabat2mu...

Mgg 9Mei pk.09.15 pagi
Scene penghormatan terakhir.
..Closing yang bener2 tak terlupakan, saat langkah terakhir beranjak dari liang kubur dan saat terakhir itu juga aku melihat sampean dan sampean melihatku meski tak mampu menyapa...

==========================

Lihat profil user
PostSubyek: Re: Salam Kenal Dari Jombang Sat 13 Mar - 11:58 Balas dengan kutipan

Salam Kenal,
Aku mbng, pembina dari Surabaya. Senang sekali melihat keceriaan adik2 di acara latgab itu ya ? Seharusnya memang begitulah kegiatan pramuka itu. Menyenangkan memberi semangat dan membuat orang antusias. Jangan malah buat anak2 boring n jutek. Pulang kegiatan yang happy mereka mengajak teman lainnya untuk ikut pramuka. Jadinya pramuka tambah banyak karena menarik bukan karena diwajibkan.
Tempatnya ok banget tuh. kapan2 latgab dengan gudepku ya ? cuma anggotanya gak banyak paling2 30 orang. karena gak diwajibkan. Jangan lupa habis bermain dilakukan refleksi dan mencari learning point ya kak. Biar adik adik menjadi lebih berkharakter.
Sampai jumpa.

Salam
Mbing !

Hiks.. Hiks...Kakak..... Begitu Cepat Engkau Meninggalkan Kami Sad Kami Belum Belajar Banyak Darimu....... Tapi Kenapa... Kenapa Secepat ini..........

Kami Akan Slalu Mengingat Pesan-pesanmu Kak.... "Damailah Di Sisi-Nya"

Atas Nama Gerakan Pramuka SMP Negeri 3 Mojoagung Jombang, Kami Mengucapkan Selamat Jalan Untukmu Kakakku, Damailah Bersama-Nya, Izinkan Kami Meneruskan Perjuanganmu......

Jaya Selalu Pramuka Indonesia

Lihat profil user http://pramukasmpn3.blogspot.com

ghozy


Moderator
Moderator
A la Mbing

Mei 16, 2010 pada 12:12 pm (Uncategorized)

Dini hari 01.30 , senin 3 mei 2010 ada sms dari m lita, yahhh pagi bener, jadi ga bangun. Baru melek abis subuh, tulisannya sungguh membuat shock ”innalilahi mas mbing meninggal yik, dalam perjalan KL-Male”. Hah, I do not believe it. Tapi ternyata kabar duka itu bener, mas mbing telah berpulang ke rahmatullah. Innalilahi wa innailaihi roji’un, we have lost one of the great name.

Mas mbing merupakan sosok yang sangat sangat menyenangkan, merupakan orang yang paling luwes yang pernah saya kenal. Mas mbing bisa dengan mudah bergaul dengan berbagai kalangan, mulai birokrat yang kaku hingga pedagang di pasar loak gembong. Yup, mas mbing adalah salah satu pengunjung setia pasar ini. Bahkan hari minggu, sehari sebelum keberangkatannya ke Maldives “ mas, enek sepatu merk Columbia, tapi neng Singapura larang, lek kurs kene sekitar 2 jt.” Mas mbing bilang “ apik yo, iyo terkenal iku Columbia, yo ngko lah golek”. Wahh.. iki pasti arep neng nggembong hehehehehhe

Tapi mas mbing sangat memperhatikan akan penampilan partner, pertengahan tahun 2004 saya sedang di rumah tiba – tiba ada telp, pas diangkat langsung bilang “ original, leather, 41, 50 thousands, gimana?” hah, opo iki????? Ternyata dia lagi di gembong trus lihat sepatu boot reebok seri outdoor. ”apik iki yik, cocok gawe awakmu lek mimpin out bound”, begitu katanya. Dan memang, keren juga hehehehehe

Mas mbing merupakan seorang tokoh pembaharu, pemikiran yang super kreatif dengan gaya penyajian yang eksentrik merupakan ciri khasnya. Selalu terbuka akan pendapat dan penilaian orang lain. Awal masuk DKD dulu, tahun 2002 saya terlibat secara tidak sengaja dalam persiapan LT5 dan jamboree dunia. Disitu yang menjadi penanggung jawab latihan adalah mas mbing. Ketika saya tiba, kemudian langsung ditanya ” Ayik punya ide untuk mengisi morning session”? Itu adalah sebuah penghargaan bagi saya.

Keakraban semakin terjalin ketika di akhir 2003 sepulang dari Inggris, diajak bergabung membantu out bound tim Dilibas. Setelah itu berlanjut dengan seri – seri outbound yang lain dibawah bendera Dilibas maupun Talenta. Mas mbing merupakan bos yang super keren sewaktu di Talenta, dan saya merasa di Talenta inilah sebuah learning organisation yang sebenarnya. Di Talenta dalam mengadakan outbound selalu ditekankan bahwa kita harus memberikan kesempatan belajar bagi siapapun. Rasanya hati kurang puas ketika ada salah satu sesi yang tidak bisa terlaksana atau tidak maksimal dalam mendapatkan nilai belajar. ” eman waktu karo waktune ambek duite yik lek gak maksimal pelatihane,sakne peserta” itulah yang selalu dikatakannya bila kurang maksimal proses pembelajarannya. Kalo anda bertanya seberapa seringkah talenta outbound? Hmmm.. salah satu yang berkesan adalah saya pernah satu minggu tidak pulang karena outbound di 3 tempat yang berbeda, dan satu lagi 5 kali weekend di 5 hotel yang berbeda dalam 1 bulan hehehehhehehe.

Dalam outbound itulah mas mbing selalu membawakan semangat perubahan bagi sipapun juga, baik peserta atau kita – kita yang fasilitator. Berubah, berubah dan berubah.

Hari – hari bersama mas mbing merupakan hari penuh keceriaan, senyum dan ngguyu adalah menu wajib. Dalam canda tawa itulah ide – ide gila sebuah aktifitas terlontar. Sungguh sebuah forum kreatifitas.

Ada banyak hal yang bisa ditulis mengenai seorang jenius bernama Bambang Pramuka Putra, yang lebih dikenal dengan nama panggilan akrabnya Mbing ato dilingkungan Talenta biasa kita memanggilnya meneer Mbing, meneer Brambang. Mas mbing meninggalkan sebuah warisan yang keren punya, semangat pembaharu dan jiwa untuk mengembangkan pendidikan bagi semua. Dia sering bilang ” education for all”, yup pendidikan haruslah tidak ekslusif.

Selamat jalan mas mbing, sekarang kamilah generasi muda hasil didikanmu yang akan melanjutkan cita – citamu memberikan kesempatan belajar bagi setiap orang. Saya sangat bangga pernah belajar dan berpartner dengan anda.

Nb: berikut adalah beberapa kesablengan kita bareng mas mbing

* Suatu pagi pk. 04:30 di Dharmaningsih – Pacet,mas mbing dah bangun sementara saya sama mas puguh males – malesan bangun. Adem yoooo. Mas mbing bilang ” ayo bangun2, saya tempeleng satu – satu nanti!!”. Trus aku bilang “ yo wis gpp mas sampeyan tempeleng, tapi aku tak tangi jam 8”. Mas puguh menimpali ” yo wis mas aku tangi jam 9, ditempeleng ping pisan kan? Trus mas mbing bilang ” hoi ojo ngawur, ayo po’o rek tangio ta, sesine mulai jam 5:30 lo” sambil ngerayu kita untuk bangun Hahahahaha
* Tahun 2004, upacara HUT pramuka diadakan di lap. Rampal malang, memecahkan rekor MURI untuk peserta upacara terbanyak 26 ribu peserta. Ketika itu saya, mas mbing sama mas arif sedang berdiri di dekat podium. Mas mbing bilang ” yik, orang yang memakai wing itu kan hanya untuk menunjukkan ketidakberdayaannya,jadi harus memakai wing supaya gagah dan disegani orang. Lek aku kan wis keren, dadi gak perlu wing” sambil menunjuk ke mas arif yang memakai wing paralayangnya. Mas arif diem aja, masih sibuk cari kalimat untuk membalas, tiba – tiba ada suara ” loh kak Bambang, saya begini ini nyelam betulan lo, di bawah kapal perang dan melewati ranjau – ranjau laut. Nggak main – main” ternyata kak Tri Hartini (kol.purn AL) yang menimpali. Wuah akhirnya yang semula cuman becanda – becanda, jadi serius bahas wing.
* Waktu dania (putrinya mas mbing) masih bayi, dia masih bisa ditaruh keranjang bayi tentengan, jadi bisa ditenteng kemana – mana. Hari sabtu mas mbing kontak, yik, guh mene survey gawe outbound minggu ngarep yo. Kita berangkat survey berlima, saya, mas puguh,mas mbing,mbak nisa dan dania. Keranjng dania ditaruh ditepi jalan sedangkan kita masuk ke lokai hutan untuk cari lokasi. Untung ga diolong orang bayinya. Setalah selesai kita buat petanya dan untuk sesi apa saja. Sip deh pokoknya. Pas hari pelaksanaan, semua sesinya diubah dan lokasinya beda dengan apa yang kita survey. Trus opo gunane wingi mbrasak – mbrask survey? Jawabnya” yo mlaku – mlaku rek”. Hmm ga salah juga sih



diambil dari sini : http://ditrakurniawan.wordpress.com/

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/

ghozy


Moderator
Moderator
Gak krasa, dina iki sampean ulang taon Mas, muga-muga ayem tentrem sampean nang kana.

Lihat profil user http://www.flickr.com/photos/ghozy/
ghozy wrote:Gak krasa, dina iki sampean ulang taon Mas, muga-muga ayem tentrem sampean nang kana.

amin.... ikut mendo'akan Like a Star @ heaven

Lihat profil user http://arifudin.wordpress.com

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik